Tips Sederhana Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Bakat Anak Sejak Dini, hobi anak sejak diniPara Sahabat MOGI, setiap orang tua pasti bangga dengan bakat yang dimiliki anaknya. Namun seringkali kita sebagai orang tua juga tak bisa langsung mengetahui bakat terpendam anak kita. Hal ini dikarenakan kita yang enggan mencari tahu bakat apa yang dimiliki sang anak atau diri kita sendiri yang memang kurang peka terhadap perkembangan anak.

Jika orang tua mengetahui bakat anak sejak awal, maka hal tersebut dapat menjadi sebuah kunci dalam mendidik anak secara tepat dan lebih mudah. Bakat si anak akan lebih menonjol jika orang tua membantu anak lebih percaya diri dalam menunjukan bakatnya. Sebagai orangtua, kita perlu mengenali dan memancing keluar talenta anak kita sejak dini. Jika sudah mengetahui bakat anak, Anda bertugas mendukung, mengasah, serta memeliharanya agar si anak bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Berikut ini MOGI memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui bakat anak sejak dini:

1. Dengan melihat apa yang mereka suka kerjakan. Seorang anak tentu sering kali melakukan suatu hal yang mereka sukai secara berulang-ulang. Misalnya berpura-pura memencet (memainkan) piano padahal alat yang digunakan bukan piano, atau bisa juga hal lainnya yang mereka sukai dan lakukan berulang-ulang.

2. Kita bisa mengetahui bakat anak dengan mengajaknya berbincang-bincang dan menanyakan soal apa yang dia senangi atau impikan. Biasanya anak akan mengatakan berbagai hal tentang hobinya atau tokoh favoritnya di televisi, atau mungkin keinginannya kelak jika besar.

Dengan mengajaknya berkomunikasi, kita bisa tahu kemana kita harus pergi untuk menyalurkan bakat terpendam dari si anak.

3. Kita bisa mengenali bakat anak dari kecil melalui guru di tempat anak kita bersekolah. Terkadang kita sebagai orang tua tidak cermat dan ibu guru di sekolah menjadi orang yang paling cermat dan akan membantu kita melihat bakat si anak.

Guru bisa memberitahukan kepada kita misalnya si anak suka sekali menggambar saat pelajaran. Kita juga harus merespon secara positif dengan mengikut sertakan anak ibu ke lomba menggambar dibeberapa tempat untuk melihat hasil bakatnya.

4. Kita juga bisa mengenali bakat anak kita dengan cara melihat dia ketika si anak sedang mengamati atau melihat sesuatu hal. Biasanya anak akan tertarik tentang suatu hal yang unik dan dia sukai kemudian menghabiskan waktu yang lama untuk memperhatikan hal tersebut. Ini adalah tanda bahwa anak suka terhadap hal itu dan kita harus meresponnya.

Nah, mari para orang tua mulailah untuk mengenali bakat anak kita sejak dini dan salurkan bakat-bakat terbaik mereka!

Bagikan Info ini ke Sahabat MOOGI lainnya!

2 Comments → “Tips Sederhana Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini”


  1. agusman sebayang
    5 months ago

    terima kasih mogi, anak saya suka teriak-teriak, suka bertanya, tapi sulit untuk menolak kenginannya seperti mau jajan atau bermain sesuatu permainan.

    Reply

  2. septiana
    10 months ago

    terima kasih atas infonya. anak saya umur 4th di dalam kelas maunya mainan. klo dirumah sukanya main pasir, main pasang pasangan, mobil mobilan ato kereta. masalah hafalan bisa smbl bermain.

    Reply

Leave a Reply

Facebook